Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengguna Mobil dan Motor Wajib Tahu Ini Sebelum Ganti Oli Mesin

Oli mobil baru Eneos X
Sumber :

100kpj - Memiliki kendaraan dengan kondisi prima tentu menjadi impian semua orang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya rajin mengganti oli mesin sesuai spesifikasi mesin, dan aturan pabrikan.

Setiap pabrikan membuat spesifikasi mesin berbeda-beda, hal itu berpengaruh dalam sistem pelumasannya. Oleh sebab itu, tidak semua oli mesin yang beredar dipasaran bisa digunakan untuk semua mobil, atau motor.

Oli Mobil Eneos

Pelumas berfungsi melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen mesin, pembersih sisa hasil pembakaran, peredam panas mesin, anti korosi pada komponen, serta peredam getaran pada komponen.

Tingkat kekentalan, dan kandungan zat adiptif di dalam oli disesuaikan dengan kebutuhan. Pun dengan takaran, atau volumenya. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Eneos menyediakan berbagai oli mesin dengan spesifikasi berbeda-beda.

General Manager PT Nippon Oil Indonesia, Imran Razy mengatakan, penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan, untuk menjaga kinerja dan performa kendaraan. Interval penggantian biasanya 5.000-10.000 km untuk mobil, dan motor 3.000-4.000 km.

Adapun jarak tempuh tersebut tidak bisa menjadi rujukan utama, karena meskipun kendaraan jarang digunakan pelumas punya usia berbeda-beda. Lalu pemakaian sehari-hari, serta gaya berkendara memengaruhi interval penggantian.

Berita Terkait
hitlog-analytic