Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Repsol Resmi Meninggalkan Honda di MotoGP Setelah 30 Tahun

Pembalap Repsol Honda, Luca Marini
Sumber :

100kpj - Repsol yang merupakan brand pelumas asal Spanyol akhirnya mengumumkan untuk berhenti bekerjasama dengan Honda di ajang MotoGP 2025. Sudah banyak sejarah yang ditulis antar kedua brand.

Repsol Honda dengan ciri khas warna oranye telah memenangkan 15 gelar pembalap bersama Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner dan terakhir Marc Marquez.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez

Honda berpisah dengan pelumas motor yang sudah jadi sponsor mereka selama 30 tahun, atau sejak 1995. Ini mengakhiri salah satu kemitraan tersukses dalam sejarah olahraga ini.

"Repsol tidak akan memperbarui kontrak sponsornya saat ini dengan Honda Racing Corporation (HRC) untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, yang berakhir pada tanggal 31 Desember tahun ini," tulis keterangan resmi Repsol, dikutip Crash.net, Senin 9 September 2024.

Repsol Honda belum pernah meraih kemenangan di MotoGP sampai saat ini, terakhir Marc Marquez bersama Honda, di Misano pada tahun 2021. Hingga akhirnya, Marquez pergi ke Gresini Racing di akhir musim lalu.

Di lain sisi MotoGP akan beralih ke 100 persen bahan bakar non-fosil mulai 2027, sebuah sikap yang tampaknya disambut baik oleh Repsol. Meski begitu, Repsol berterima kasih atas kerjasamanya selama ini dengan Honda.

Berita Terkait
hitlog-analytic