Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

TVS Luncurkan Motor Berbahan Bakar Etanol

TVS Apache RTR200 FI E100
Sumber :

100kpj – Pabrikan motor terkemuka asal India, TVS, telah meluncurkan produk terbarunya. Motor terbarunya ini diberi nama TVS Apache RTR200 FI E100.

Seperti dilansir Auto Ndtv, yang membuat motor ini menjadi menarik adalah bahan bakarnya. Motor yang sempat muncul di India Auto Expo 2018 tersebut diklaim bisa meminum bahan bakar etanol.

Awal mula rencana lahirnya TVS Apache RTR200 FI E100 ini adalah untuk motor ramah lingkungan. Di mana, si kuda besi tidak tak bergantung pada bahan bakar fosil.

Selain itu, emisi gas buangnya juga diklaim lebih rendah. Untuk urusan dapur pacu, TVS Apace RTR200 FI E100 dibekali mesin 1-silinder 200 cc bertenaga 20,5 hp dengan torsi 18,1 Nm dan kecepatan maksimal mencapai 129 km/jam.

Motor ini disokong sistem pengabutan injeksi yang mengoptimalkan pembakaran etanol. Pada dasarnya, etanol merupakan campuran dari alkohol dan bensin yang diberi oksigen.

Cairan ini memiliki oktan lebih tinggi serta tidak memakan biaya produksi terlalu tinggi. Secara tampilan fisik tak ada perbedaan dengan TVS Apace RTR200 versi bensin.

Perihal harga, TVS Apace RTR200 FI E100 cukup terjangkau di India, yakni dibanderol dengan harga sebesar Rp24,5 jutaan. Menarik ditunggu, apakah motor ini akan mendarat juga di Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic