Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Komunitas Pertama BYD di Indonesia Terbentuk Sebelum Mobilnya Ada

Komunitas mobil listrik BYD
Sumber :

100kpj - Build Your Dream, atau BYD merupakan brand pendatang baru. Jenama asal Tiongkok itu masuk Indonesia di awal tahun ini, pada tahap awal ada tiga mobil listrik yang mereka tawarkan, yaitu Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Ketiga mobil listrik tersebut berstatus impor utuh dari China. Namun karena komitmennya ingin membangun pabrik, dan mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, mereka berhak menerima insentif CBU.

Oleh sebab itu harga ketiga mobil listrik BYD tersebut tetap terjangkau, berkat keringanan bebas bea masuk, dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) ditanggung pemerintah.

Tapi, insentif itu hanya diberikan selama dua tahun. Setelah itu mobil listrik mereka, termasuk BYD M6 yang menjadi produk keempatnya yang dirilis pada Juli 2024 wajib diproduksi di dalam negeri, di pabriknya di kawasan Subang, Jawa Barat menjadi lokasi pabrik mereka untuk produksi lokal produknya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, penjualan mobil listrik BYD dari diler ke konsumen di tahap awal, atau Juli 2024 mencapai 2.047 unit yang disumbang dari Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Sebagian dari konsumen yang sudah menerima unit tersebut membentuk komunitas bernama Beyond yang resmi dideklarasikan di BSD, Tangerang, Minggu 25 Agustus 2024.

Head of PR and Government Relation PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan, mengaku bangga bisa merangkul komunitas Beyond yang menjadi simbol harapan untuk masa depan mobilitas berkelanjutan di Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic