Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pakai Baterai Lokal, Luhut Sebut Kona Electric Dibuat 50 Ribu Unit Per Tahun

Mobil listrik Hyundai Kona Electric 2024
Sumber :

100kpj – PT Hyundai LG Industry Green Power adalah pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia yang resmi beroperasi di Karawang, Jawa Barat. Produk pertama yang pakai baterai lokal itu adalah Hyundai Kona Electric.

Pabrik baterai hasil kolaborasi dua perusahaan raksasa asal Korea, yaitu Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution, serta Indonesia Battery Corporation itu diresmikan Presiden Jokowi, Rabu 3 Juli 2024, kemarin.

Luhut Binsar Pandjaitan

Tempat pembuatan komponen penyimpan energi listrik itu menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dengan menelan investasi sebesar Rp160 triliun yang digelontorkan secara bertahap. 

Baterai yang menggunakan nikel sebagai salah satu bahan bakunya itu bukan hanya dimanfaatkan untuk domestik, namun juga sebagai keperluan ekspor baik dalam keadaan terurai, atau utuh mejadi mobil listrik.

Pabrikan kawin silang perusahaan otomotif, dan teknologi asal Korea Selatan itu akan mempercepat ekosistem kendaraan listrik, terutama produksi baterai berbahan nikel dari hulu ke hilir, dan memasok sel baterai.

Kona Electric menjadi produk pertama yang menggunakan baterai lokal tersebut, dan akan dikembangkan ke produk Hyundai lainnya secara bertahap untuk pasar global.

Berita Terkait
hitlog-analytic