Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hyundai Kona Electric Jadi Mobil Listrik Pertama yang Pakai Baterai Buatan RI

Hyundai Kona Electric

100kpj – Hyundai Kona Electric mobil listrik pertama yang menggunakan baterai lokal. Presiden Jokowi dan petinggi Hyundai dari Korea Selatan meresmikan pabrik baterainya mulai beroperasi di RI, Rabu 3 Juli 2024.

"Kami sangat bangga bahwa Kona Electric buatan Indonesia ini akan didukung oleh baterai lokal, hasil dari investasi bersama kami dengan LG Energy Solution di Indonesia," ujar Executive Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung.

Mobil listrik Hyundai Kona Electric 2024

Pabrik baterai itu hasil kolaborasi Hyundai Motor Group, LG Energy Solution, dan Indonesia Battery Corporation (IBC) yang berdiri di Karawang, Jawa Barat dengan nama PT Hyundai LG Industry Green Power.

Pabrikan kawin silang perusahaan otomotif, dan teknologi asal Korea Selatan itu akan mempercepat ekosistem kendaraan listrik, terutama produksi baterai berbahan nikel dari hulu ke hilir, dan memasok sel baterai.

Tempat pembuatan komponen penyimpan energi listrik itu melibatkan hasil kolaborasi itu menelan dana investasi sebesar 60 juta dolar Amerika Serikat, atau setara Rp900 miliar yang berdiri di atas lahan 32.188 meter persegi.

Baterai buatan Hyundai yang memanfaatkan nikel sebagai salah satu bahan bakunya itu akan dipasok ke model-model kendaraan listrik di dalam negeri, hingga di ekspor untuk Asia Tenggara pada tahun depan.

Berita Terkait
hitlog-analytic