Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Komunitas Mitsubishi Canter Sebut Pengusaha Bisa Makin Kaya Pakai Truk Listrik

Mitsubishi Fuso eCanter di GIIAS 2024

100kpj - Mitsubishi eCanter menjadi truk listrik pertama di RI yang resmi dipasarkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), setelah hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Mitsubishi eCanter generasi terbaru itu dibekali baterai berukuran sedang dengan kapasitas 83 kWh yang diklaim dalam kondisi penuh bisa menempuh perjalanan 140 kilometer, dan daya angkutnya mencapai 6 ton.

Soal dimensi, truk ringan tersebut punya jarak poros roda depan ke belakang 3,4 meter, dan torsi yang besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal. Desain sasis yang rata memudahkan dalam proses pembuatan karoseri.

Hadirnya eCanter di pasar Indonesia tentunya menarik perhatian pasar komersial, terutama segmen truk ringan. Bahkan menurut komunitas Canter Mania Indonesia Community (CMIC) kehadiran truk listrik itu bisa bikin pengusaha logistik kaya raya.

Ketua CMIC Jabodetabek dan Jawa Barat, Toni Abdul Gani, mengatakan, kalau dari komunitas hadirnya truk listrik membuat kemajuan di komersial, sehingga bukan hanya mobil penumpang pribadi, dan ini pertama kali Fuso mengeluarkan eCanter sebagai inovasi.

"Pertama suatu kendala pelaku usaha biaya operasional. Nah, dengan adanya listrik ini bisa menekan biaya tersebut, di awal memang mahal (harganya) tapi kalau jangka panjang lebih hemat walaupun ini pertama kali diterapkan," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Minggu 21 Juli 2024.

Dia berharap ke depan Mitsubishi Fuso merilis truk listrik dengan jarak tempuh yang lebih jauh, dengan beragam teknologi barunya. Sehingga bukan hanya sebagai logistik, namun bisa dikembangkan untuk angkutan lain.

Berita Terkait
hitlog-analytic