100KPJ

Perjalanan 25 Tahun Honda Bikin Mobil Hybrid Untuk Pasar Dunia

Share :

100kpj - Mobil hybrid menjadi jalan alternatif untuk menekan emisi, dan penggunaan bahan bakar. Teknologi yang menggabungkan dua sumber energi itu sudah ada sejak beberapa tahun silam.

Honda Motor Corporation Ltd, menjadi salah satu brand yang sudah mengembangkan mobil hybrid sejak 25 tahun silam. Lantas seperti apa perjalanan jenama asal Jepang itu membuat teknologi tersebut?

Sejak 1999 Honda sudah membuat mobil hybrid bernama Honda Insight. Saat itu masih mild hybrid diberi nama IMA (Integrated Motor Assist) yang membantu kinerja mesin, sehingga konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih efisien.

Sistem semi hybrid itu juga disematkan pada CR-Z yang sempat dijual di Indonesia, kini teknologi ramah lingkunan itu dikembangkan menjadi sistem paralel, atau hybrid murni.

Bertransformasi menjadi intelligent Multi Mode Drive (i-MMD), dimana sistem dual motor powertrain (baterai dan mesin) bekerja secara bersamaan, dan saling mendukung.

Kinerja dari teknologi ini kemudian menghasilkan akselerasi yang bertenaga namun juga tetap halus dimana efisiensi bahan bakar dapat dimaksimalkan. Sistem i-MMD diterapkan pada CR-V generasi ke-5, dan Accord Hybrid generasi 10.

Share :
Berita Terkait