100KPJ

Chery Omoda E5 dan Wuling Cloud EV Mobil Listrik Paling Laku di Bulan Lalu

Share :

100kpj – Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil listrik dari pabrik ke diler sepanjang Mei 2024 hanya 1.984 unit. Lalu siapa yang paling laku?

Chery Omoda E5 menjadi model terlaris di bulan lalu, mobil listrik bergaya SUV yang pertama kali diperkenalkan pada Februari 2024 itu menyusul beberapa model yang kerap berada di urutan teratas.

Omoda E5 diproduksi di dalam negeri dengan memanfaatkan pabrik PT Handal Motor Indonesia di Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat, dan memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 40 persen. Sehingga berhak menikmati insentif pemerintah berupa diskon PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10 persen.

Soal harga, dalam kondisi normalnya dibanderol Rp498,800 juta. Tapi saat hadir di salah satu pameran otomotif pada Februari 2024 mendapatkan potongan Rp10 juta untuk 2.000 konsumen pertama.

Keuntungan lain bagi ribuan konsumen itu berhak mendapatkan garansi seumur hidup untuk komponen utama kelsitrikannya, mulai dari baterai, hingga motor penggeraknya.

Mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP berkapasitas 61,06 kWh. Melalui pengujian WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure) jarak tempuhnya 430 km, dan pengujian NEDC (New European Driving Cycle) daya jelajahnya sejauh 505 km.

Urutan kedua terlaris adalah Wuling Cloud EV yang harganya resmi dirilis bulan lalu, yaitu Rp398 juta on the road, atau hanya tersedia satu varian. Harga resminya turun p13 juta dari kisarannya yang pernah diumumkan April.

Share :
Berita Terkait